[TRAVEL] Hiroshima, Kota Sejarah dan Harapan (日本の文化や観光地の自慢知ってるよ)

by - Saturday, January 02, 2016




皆さん、あけましておめでとう ございます! (Semuanya, selamat tahun baru!)


Berhubung sekarang tahun baru dan musim liburan, mari ngobrol sedikit soal travel! Sekarang liburan ke Jepang lagi populer banget ya, kayaknya semua orang gantian pergi liburan ke Jepang deh, tiap buka Instagram atau Facebook kayaknya ada aja deh yang lagi jalan-jalan ke sana. Luar biasanya impact yang dibawa oleh budaya Jepang di Indonesia, ditambah lagi dengan banyaknya promo travel yang menarik bikin orang berbondong-bondong pergi ke sana, apalagi visa ke Jepang sekarang dipermudah dengan E-Passport. Aduh rasanya saya sedih nih ngetik ini, soalnya saya belum pernah ke Jepang hiks hiks, rasanya kok belom afdol deh hidup kalo belum pernah pergi ke Jepang, ya gak sih? #mulaibaper


Kalau misalkan kalian punya kesempatan buat travelling ke Jepang nih,  kira-kira kota mana yang mau dikunjungi? Tokyo, Osaka, Kyoto? Ngga heran kalau banyak dari kita yang menjawab ini, karena tiga kota itu merupakan tujuan wisata yang paling terkenal dan banyak dikunjungi di Jepang. Tapi tahukah kamu kalau Jepang memiliki banyak kota dan daerah lain yang mungkin kurang populer, tapi keindahannya nggak kalah dengan kota-kota besar di Jepang. Nah, di post kali ini saya mau memperkenalkan hidden gems of Japan, salah satu nya yang bisa ditemui di Hiroshima. 






Apa? Hiroshima? 


Memang, kalau mendengar kata 'Hiroshima' pikiran kita mungkin akan langsung kembali ke sejarah kelam Perang Dunia II, di mana saat itu kota Hiroshima dan Nagasaki menjadi target bom atom oleh Amerika Serikat. Saat itu kota Hiroshima dan Nagasaki luluh lantak tanpa sisa. Kini setelah 70 tahun berlalu, kedamaian sudah diperoleh, Hiroshima bangkit dari keterpurukannya dan menawarkan destinasi yang tidak cuma indah, tapi sarat dengan sejarah dan pesan perdamaian.


TENTANG HIROSHIMA



Infografis oleh Claren Stefanie
Sumber data : www.visithiroshima.net

Hiroshima terletak di barat daya kepulauan Honshu, tepatnya di wilayah Chugoku. Dikelilingi oleh 6 buah sungai membuat Hiroshima disebut sebagai "Kota Air". Secara geografis, 73% wilayah Hiroshima terdiri dari pegunungan. Dan karena letak geografisnya pula Hiroshima termasuk kota beriklim hangat dan jarang terkena bencana alam seperti angin topan dan gempa bumi

Akses transportasi ke Hiroshima cukup mudah, Hiroshima memiliki bandara internasional yang melayani penerbangan dari Haneda (Tokyo), Shin-Chitose (Sapporo) dan penerbangan internasional ke Beijing, Seoul, Taipei, Guam, dll. Selain itu Hiroshima juga bisa diakses menggunakan kereta Shinkansen dari Tokyo dan Osaka.


TEMPAT WISATA DI HIROSHIMA



Di sini saya mau memperkenalkan tempat wisata ikonik yang wajib dikunjungi kalau kamu sedang liburan di Hiroshima. Semuanya bagus-bagus dan sarat sejarah, jadi sambil jalan-jalan kita juga bisa sambil belajar. Eitsss.. jangan takut dulu begitu kamu denger kata "sejarah" dan "belajar", karena saat kita lihat pemandangan Hiroshima yang luar biasa,"belajar" di sini ngga akan terasa membosankan kok! ^_^


1. Itsukushima Jinja


Gerbang Torii Itsukushima
credit : Luciano Mortula - Shutterstock


Kalau kamu pergi ke Hiroshima, kunjungan ke Pulau Miyajima sayang banget buat kamu lewatkan, karena di sana ada Kuil Itsukushima yang terkenal dengan torii atau gerbang kuil Shinto yang 'mengapung' di atas lautan. Pemandangan torii yang mengapung ini sangat terkenal keindahannya, bahkan masuk sebagai salah satu "Three Best Views" di Jepang. Kelihatannya torii tersebut seperti mengapung di atas air, tapi sebenarnya dibangun di dasar laut. Saat air pasang sedang surut, kita bahkan bisa berjalan ke arah torii tersebut. Tidak hanya gerbang torii nya saja, tapi keseluruhan bangunan kuil juga dibangun di atas laut. Amazing banget ya?


Kuil Itsukushima merupakan tempat yang disucikan di Jepang, dan merupakan salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO. Pulau Miyajima sendiri disebut sebagai pulau dimana Dewa tinggal. Dibangun pada abad ke 6 oleh Kiyomori Taira, kuil Itsukushima didedikasikan untuk Dewa Laut, Dewa Badai dan saudara dari Dewa Matahari, Amaterasu.


Pemandangan di Itsukushima nggak hanya indah saat siang hari, tapi juga saat senja. Warna keeemasan dari  matahari tenggelam ditambah siluet gerbang kuil Itsukushima yang misterius menyajikan pemandangan luar biasa yang pastinya nggak akan terlupakan. Saat malam hari, kuil Itsukushima juga diterangi dengan lampu-lampu cantik, jadi bisa dibilang dilihat pada saat kapanpun, kuil Itsukushima selalu indah setiap saat.



Selain itu di sekitar kuil Itsukushima kita juga akan menjumpai banyak rusa liar yang ramah & lucu-lucu lho! Kawaii!

credit : mary416 - Shutterstock

Pulau Miyajima terletak tidak jauh dari daratan Hiroshima dan bisa diakses kurang dari 1 jam. Dari Hiroshima, kita bisa naik JR Sanyo ke Stasiun Miyajimaguchi kemudian dari sana lanjut naik kapal feri hanya 10 menit saja. Mudah kan? Jadi jangan sampai ga mampir ya ^_^


2.  Kastil Hiroshima


Kastil Hiroshima
credit : cowardlion - Shutterstock
Kastil Hiroshima dibangun pada tahun 1589 oleh klan Mori Terumoto dan sempat menjadi pusat kekuasaan daimyo pada masa itu. Yang ditawarkan oleh kastil ini adalah arsitekturnya yang anggun, khas dan kokoh serta pepohonan di sekitarnya yang menambah luar biasa pemandangan di Kastil Hiroshima ini. Seperti bangunan yang lainnya, kastil ini juga hancur saat serangan bom atom tahun 1945, tahun 1958 baru kastil ini dibangun kembali. Sekarang, bagian dalam kastil Hiroshima ini dijadikan museum sejarah Hiroshima dan sejarah kastil Jepang. Arsitektur kastil ini bagus banget deh, megah & Jepang banget jadi pas buat buat kamu yang mau foto-foto ala kekaisaran Jepang jaman dulu. Jadi inget acara Takeshi Castle kalo liat kastil ini xD

Akses Kastil Hiroshima ini tidak jauh dari tempat wisata Hiroshima yang lainnya, hanya perlu berjalan kaki sedikit dari Hiroshima Peace Memorial Park dan Shukkeien Garden. Dari stasiun JR Hiroshima, kita bisa naik bus/tram dan turun di Kamiya-cho lalu jalan kaki dari sana sekitar 15 menit.



4.  Hiroshima Peace Memorial Park

 
Memorial Cenotaph
credit :  RAJU RANJANA - Shutterstock

6 Agustus 1945 menjadi hari yang tidak akan pernah pudar dari sejarah dan ingatan orang Hiroshima. Pagi itu kota Hiroshima dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat, menjadikan kota itu luluh lantak dan ratusan ribu orang tewas. Kunjungan ke Hiroshima Peace Memorial Park mungkin bisa menjadi sedikit emosional dan intens, karena di sana kita akan dibawa menelusuri sejarah dan kisah kelam dari Perang Dunia ke II, lebih spesifiknya mengenai apa yang terjadi pada saat kota Hiroshima dibom dan dampaknya bagi kehidupan di sana. Tapi tidak hanya itu, di sana kita juga akan memahami bahwa kedamaian merupakan sesuatu yang vital dalam kehidupan manusia.


Hiroshima Memorial Park dibangun di atas area yang dulunya adalah tempat ledakan bom atom. Di dalam kompleks Hiroshima Memorial Park ada beberapa spot penting antara lain :  Peace Memorial Museum, Bomb Dome & Children's Peace Monument


Hiroshima Peace Memorial MuseumImage Source : https://en.wikipedia.org/wiki/Hiroshima_Peace_Memorial_Park

Hiroshima Peace Memorial Museum merupakan bangunan utama dalam kompleks Memorial Park. Museum ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mempelajari dampak nyata dari ganasnya senjata nuklir dan merasakan empati atas apa yang terjadi pada Hiroshima. Di sana kita bisa melihat beberapa barang peninggalan korban bom atom juga foto-foto, panorama model dan video yang memperlihatkan sejarah kota Hiroshima, sebelum dan sesudah serangan bom atom. Di dekat kompleks museum terdapat tugu peringatan (Memorial Cenotaph) yang berisi nama-nama korban yang meninggal dalan tragedi Hiroshima. Banyak orang yang berdoa di sana, mengenang para korban sekaligus melakukan refleksi diri agar kejadian yang sama tidak terulang di masa depan.


A-Bomb DomeCredit : ISchmidt - Shutterstock



Bomb-Dome adalah sisa dari bangunan yang masih bertahan setelah ledakan bom atom terjadi. Awalnya bangunan ini adalah Hall yang digunakan untuk mempromosikan industri di Hiroshima. Setelah ledakan terjadi, bangunan ini satu-satunya yang masih berdiri kokoh saat bangunan yang lain sudah rata dengan tanah. A-Bomb Dome merupakan bukti dari kehancuran yang ditimbulkan oleh senjata nuklir dan juga merupakan simbol harapan dan perdamaian dunia tanpa senjata nuklir. Karena Bomb Dome merupakan salah satu peninggalan sejarah yang penting, Bomb Dome pun masuk sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. 




Pernahkah kalian mendengar soal legenda 1000 burung kertas lipat? Katanya, kalau kita melipat 1000 buah burung kertas, harapan kita akan terkabul. Dulu ada seorang gadis kecil bernama Sadako Sasaki yang melipat 1000 burung kertas agar permohonannya terkabul, ia berdoa untuk dunia yang damai dan bebas dari senjata nuklir. Sayangnya, Sasaki meninggal karena dampak radiasi yang ditimbulkan bom atom Hiroshima sebelum berhasil melipat 1000 burung kertas. Sejak saat itu, Sasaki diabadikan dalam Children's Peace Monument (Monumen Perdamaian Anak-Anak) untuk mengenang diirnya dan anak-anak lain yang menjadi korban serangan nuklir. Setiap tanggal 6 Agustus, wisatawan datang ke monumen ini dengan membawa lipatan burung kertas warna-warni. Hingga hari ini, monumen ini dijadikan sebagai simbol harapan dan masa depan yang cerah.



5. Hondori Street


Hondori Street
Image source http://www.japan-guide.com/e/e3406.html

Hiroshima juga punya downtown dan pusat belanja yang gaul seperti di Tokyo lho, namanya Hondori Street. Di sini kita bisa menemui banyak toko dan department stores juga kafe. Nah, satu yang sayang untuk dilewatkan ketika jalan-jalan ke Hondori adalah Okonomimura. Okonomimura adalah sebuah gedung yang isinya surga okonomiyaki! Di sana kita bisa menikmati okonomiyaki khas Hiroshima yang disajikan oleh berbagai toko berbeda, jadi citarasa nya berbeda-beda pula. 


Okonomimura
Image Source https://ja.wikipedia.org/wiki/お好み村


Hondori Street terletak di pusat kota Hiroshima, tidak jauh dari tempat wisata lainnya seperti Memorial Peace Park dan Shukkeien Garden. Dari stasiun Hiroshima, Hondori bisa ditempuh dengan menggunakan bus atau tram dengan waktu 5 menit saja.

 
6.  Shukkeien Garden

Shukkeien Garden
credit :  ISchmidt - Shutterstock


Kalo kamu pengen sesuatu yang ijo-ijo, adem dan menenangkan, Taman Shukkeien atau Shukkeien Garden bisa kamu kunjungi untuk memanjakan mata dengan pemandangan alamnya. Pemandangan di Taman Shukkeien mirip dengan taman tradisional Jepang yang kita sering lihat di kalender dan postcard, pokoknya tamannya Jepang banget! Taman Shukkeien dikelilingi oleh pegunungan, bukit, pepohonan rindang dan kolam besar. Di sana ada jembatan yang melintang di atas kolam dan juga beberapa tea house atau rumah minum teh. Bayangin gimana rileksnya sore-sore minum teh di dalam tea house sambil memandang ke hijaunya taman dari balik pintu, rasanya semua stress jadi hilang ya. ^_^

Taman Shukkeien ini sudah ada sejak abad ke 16 dan sempat hancur karena serangan bom nuklir pada tahun 1945. Namun sekarang, Taman Shukkeien menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal di Hiroshima, keindahannya juga terkenal di seantero Jepang.




MAKANAN KHAS HIROSHIMA


Membahas tempat wisata nggak lengkap kalau kita ga bahas soal kulinernya juga! Lelah jalan-jalan, sekarang saatnya kita jajan! Nah, berikut ini adalah makanan khas Hiroshima yang pastinya bikin ngiler dan harus banget dicobain



1. Hiroshima Okonomiyaki


credit :  ISchmidt - Shutterstock

Okonomiyaki adalah makanan khas Jepang yang populer, terbuat dari adonan telur, terigu dengan isian kol dan daging. Di Indonesia sendiri okonomiyaki sudah bisa banyak dijumpai di gerai yang menjual makanan Jepang, tapi okonomiyaki yang biasa kita jumpai ternyata adalah okonomiyaki khas Osaka. Hiroshima punya okonomiyaki yang spesial. Biasanya okonomiyaki adonannya dicampur dengan isi, kalo okonomiyaki Hiroshima isinya ditumpuk satu-satu sampai tinggi dan ada mie soba nya. Okonomiyaki Hiroshima disajikan panas-panas dengan saus okonomiyaki dan taburan aomori (rumput laut), cara makannya juga unik, pakai spatula penggorengan langsung ! Kalian bisa nonton cara masak dan cara makannya di sini, dijamin ngiler banget!

Di mana kira-kira tempat makan okonomiyaki paling enak? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja di  Okonomimura! Di sana banyak banget restoran okonomiyaki yang bisa kalian cobain satu-satu, karena setiap restoran menjual okonomiyaki dengan citarasa khas nya sendiri. Jadi siapkan space perut yang banyak yah kalo berkunjung ke Okonomimura!




2. Kaki Ryouri (Tiram)

Image Source http://r.gnavi.co.jp/63je1a5f0000/

Dikelilingi oleh banyak sungai dan laut membuat Hiroshima kaya dengan seafood segar, salah satu yang paling terkenal adalah oyster atau tiram. Tiram Hiroshima terkenal lezat karena besar-besar, gurih dan tebal, hal ini menjadikan Hiroshima sebagai penghasil tiram terbesar di Jepang (70% tiram di Jepang berasal dari laut Hiroshima). Di Hiroshima musim tiram biasanya ada di musim gugur dan musim dingin, saat itu hasil panen tiram sangat melimpah. Tiram diolah menjadi berbagai macam makanan, kamu bisa makan tiram mentah yang segar, dibakar dengan saus ponzu dan kecap asin atau dibuat masakan seperti kaki-meshi (nasi goreng tiram) atau nabe (hot pot berisi sayuran dan kuah).

Di Hiroshima ada sebuah restoran yang terkenal, namanya Kakifune Kanawa (かき船かなわ).  Restoran ini menyediakan berbagai olahan tiram & seafood yang lezat, yang paling spesialnya adalah fried oyster atau tiram goreng. Bentuk restorannya unik karena di atas kapal. Atmosfir restoran yang ditawarkan juga menyenangkan, sambil makan, sambil menikmati suasana tenang dipinggir sungai. Pengalaman dining yang unik seperti ini pastinya sayang banget untuk dilewatkan ya.



Kakifune Kanawa
Image Source : hantz.livedoor.jp


3. Sake


Image Source http://visithiroshima.net


Hiroshima terkenal sebagai kota penghasil sake terbaik di Jepang, rasanya kurang lengkap kalau ke sini tapi nggak nyicipin sake lokal khas Hiroshima ya. Yang paling terkenal adalah Saijo Sake. Di daerah Saijo terdapat beberapa pabrik penghasil sake, dimana kita bisa ikut brewery tour, atau kunjungan ke masing-masing pabrik sake untuk belajar lebih dalam tentang pembuatan sake, tak lupa pula untuk mencicipi sake khas di sana. Saking terkenalnya, setiap bulan Oktober di Saijo ada festival Sake, di sana kita bisa mencoba berbagai macam sake di tengah kemeriahan festival. Seru banget ya? Ssstt..tapi inget.. ini khusus 21 tahun ke atas ya :D





*
*
*
*
*




Ternyata walau dulu menyimpan sejarah yang kelam, kota Hiroshima juga menyimpan banyak hal menarik dan destinasi wisata yang indah. Keindahan kota Hiroshima yang sekarang tidak lepas dari peran aktif pemerintah dan penduduknya untuk menggalakan pembangunan dan bangkit kembali dari keterpurukan. Hiroshima adalah simbol harapan akan perdamaian dunia, ketangguhannya yang luar biasa bisa kita jadikan pelajaran yang baik untuk diri kita sendiri. Saya pribadi memang menggemari budaya Jepang, terutama kota bersejarahnya. Selain itu saya kagum dengan semangat yang dibawa oleh kota Hiroshima , jadi saya pengen banget mengunjungi Hiroshima suatu saat nanti. Saya sih juga berharap, siapa tahu setelah membaca post ini, Hiroshima menjadi salah satu destinasi yang akan kamu kunjungi kalau liburan ke Jepang :)




Kamu tertarik untuk pergi ke Jepang tapi bingung untuk merencanakan itinerary nya? Jangan kuatir, ada H.I.S Travel yang akan mengaturnya buat kamu!



H.I.S. Travel memiliki program khusus untuk kamu yang ingin travelling ke Jepang. Bekerja sama dengan ANA (All Nippon Airways), H.I.S. Travel menghadirkan HAnavi, sebuah program yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.


Tulisan ini dibuat untuk diikutsertakan dalam kompetisi blogging Japan Winter Tour yang diadakan oleh Kawaii Beauty Japan & H.I.S. Travel. Jangan lupa klik banner di bawah ini ya dan ikut kompetisi blogging nya, siapa tahu kita bisa ke Jepang bareng #eh



#HISWinterTour
Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition






Thank you for reading, selamat tahun baru dan selamat liburan !

Thank you Kawaii Beauty Japan & H.I.S. Travel


http://kawaiibeautyjapan.com

https://www.facebook.com/KawaiiBeautyJapan












* Referensi artikel:
http://visithiroshima.net/
http://www.japan-guide.com/list/e1238.html
http://www.jalan2kejepang.com/destinasi/hiroshima
http://gethiroshima.com





You May Also Like

10 comments

  1. Aku baru tau beberapa waktu lalu saat lagi meeting di salah satu gedung kantoran dan ada kantor HIS, ternyata mereka emg travel agent khusus Jepang :D Great post btw!

    xx
    Oh Dear Bumblebees

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh di Midplaza yah? Iya mereka travel agency khusus Jepang, ada cabang di negara lain juga selain Indonesia :D

      Delete
  2. Nice post, really well written. Thanks for sharing! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you! I hope you enjoy the post!

      Delete
  3. Replies
    1. Aku juga kepengen banget Rei T_T It's on my bucket list

      Delete
  4. wah ternyata kamu nulis blog juga ya hehe. waktu lalu gak sempet ke kakifune kanawa, tapi gatau ya emang tiram disana beda mungkin. enak :9
    good luck yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehehe, penasaran sih tapi sama tiram di sana walau bukan tiram resto, kayaknya enak banget.

      Thank you, wish you good luck too! 頑張れ!

      Delete
  5. Jadi mau ke jepang. Bagus sekali.


    would you like to follow each other on Google Friend connect and google +?
    let me know if you follow me and i will follow you back.
    www.tomntins.com


    ReplyDelete

Feel free to leave a comment. Anonymous with hateful comments & spams will be deleted

Instagram